Kisah Nyata dari seorang teman ku (Soerabaja)

setelah kata2 pembuka dari saya ini, selanjutnya rangkaian kata dan berikut pesan2 nya di bawah ini adalah beliau..
silahkan dibaca..

“ane mau sdikit share pengalaman ane nih ..
yang pasti ada hubungannya sama judul DEMI ALLAH ini bukan karangan ane gan,ini real cerita pribadi ane . langsung aja ya gan?lumayan panjang,tapi disimak dulu gan,BACA DULU JANGAN LANGSUNG JUDGE ANE MACAM MACAM . INI BUKAN AIB,TAPI INI ADALAH SEBENTUK KEBERANIAN ANE UNTUK BERBAGI CERITA KE SESAMA DENGAN HARAPAN BISA DIAMBIL HIKMAH SERTA PEMBELAJARAN HIDUP YANG LEBIH BAIK

Bismillahirrahmanirrahim,,

Cerita ini awalnya waktu ane masih duduk di bangku SMA kelas III gan,setahun lalu .. jadi tu waktu malam minggu (lupa tanggal brapa) ane jalan bedua temen ane yg inisialnya J,cowo.. pertama sih kliling2 aja gan .. nah skitar jam 11,gak tau knapa temen ane ini ngajak ane ke tempat prostitusi . mungkin kalo yang di sekitaran kota ********** (nama kota ane sensor ya gan,gak enak hehe) udah gak asing ama yg namanya M**********,sepupu jauh ama Dolly yg di SBY. sumpah gan ane gak ada maksud mau main ama cewe2 disana gan,gak ada niat sama skali .. ane sih cuma pengen nemenin temen ane ini aja skalian cuci mata,yaudah ngikut aja hehe .. udah nyampe tuh,udah masuk komplek nya . jeng jeng jeng ….. PSK disana yg ngeliat body ane tinggi,lumayan cakep ,putih,yaudah deh agan tau lah pasti lgsg di goda godain..

”sama aku aja!”
”jangan itu kudisan sama aku aja!”
”eyy ganteng sini dong!” , dll ..

ane terus aja ngikutin temen ane ini gan,trus dia brenti di satu rumah,ktanya dalam rumah itu cewe nya cantik2 .. yaudah ane suruh dia cepetan masuk,ane nunggu diluar,sambil duduk dikursi .. bete juga sih gan,ane nunggu nya sambil main hape aja jadi (ane gak ngrokok gan,mkanya gak ngrokok sambil nunggu temen..)

naah skitar 5mnitan ane nunggu,ada tuh gan satu PSK nyamperin ane?lumayan manis+seksi sih gan sumpah,mkanya ane mau aja dia deketin+duduk disamping ane .. kalo bibirnya memble ane pura2 mules ke wc . umurnya 19 gan .. mukanya agak murung gitu gan,kira2 gini percakapan kita waktu itu,
TS=TS , PSK=E (inisial)

TS (senyum2 ..)
E ,”ni (sambil nyodorin rokok)”
TS ,”duh aku gak ngrokok hehe..”
E ,”yah laki kok gak ngrokok..situ gak main mas?sama aku aja?
yang didalem ini (sambil nunjuk rumah tempat temen ane main) biasanya lama tuh,longtime..aku lagi butuh uang juga ni..”
TS ,”ah enggak,aku nemenin temen doang..loh emang kamu sepi malam ini?gak ada pelanggan?kan kamu cantik?”
E (sambil ngrokok gan) ,”aku lagi ada masalah.”
TS ,”masalah apaan?”
E ,”perlu situ tau?”
TS ,”oh hehe maaf..”

*hening skitar 5 menit*

E (rokoknya habis gan) ,”kyaknya kamu gak brengsek ya?”
TS ,”hah maksudnya?”
E ,”kan smua cowo brengsek?cuma kamu aja dateng ksini gak mau ngeluarin (maaf gan) lendir”
TS ,”hehe bisa aja..tapi gak smua cowo loh gitu,di luaran sana juga bnyak cowo baek2..
iya takut aja,dosa..belum lagi klo kena penyakit apaaa gitu..maaf ya klo trsinggung hehe..”
E ,”ngpain minta maaf,emang bener kok.”
TS ,”ehm..nama kamu siapa?”
E ,”E**,nama panggilan aku dsini .. tp klo nama asli E***** . kamu?”
TS ,”aku R***(nama disamarkan) .. oh salam kenal ya .. ehmm .. kalo boleh tau kamu ada masalah apa sih ampe gak ada pelanggan?
crita aja aku gak ember kok mulutnya…”

*obrolan smakin asyik gan abis kenalan*

E ,”gpp males aja crita..yg jelas aku lg butuh uang skarang”
TS ,”buat?”
E ,”buat ibu aku,di perutnya ada kyak benjolan gitu..sbulan yg lalu sih udah dibawa ke puskesmas,diagnosa nya smacam tumor kecil..disuruh cepet2 operasi ke RSU..tapi yagitudeh,aku blom punya uang,mana job aku udah sepi lagi hufftt…”
Subhanallah gan,ane sempat speechless .. disitu mata ane berkaca-kaca banget kirain duitnya buat apa ? ternyata ….

TS ,”yah knapa gak bilang dritadi?aku sih mau aja bantu,tapi skarang aku gak pegang uang?uang aku dirumah..”
E ,”capedeee gak usah ngomong”
TS ,”hehe..emang biayanya brapa?”
E ,”2 stengah jeti bo..tp uang aku ada sjuta doang masih,2 minggu ini aku kumpulin dikit2..”
TS ,”kurang 1,5 ya?ehmm gini aja,kamu ada nomer hape?”
E ,”ada,buat apa?”
TS ,”ya besok aku ksini lagi,1,5 aku kasih kekamu..”
E ,”beneran?tapi gak usah disini,kita janjian di tempat luar aja.”
TS ,”okelah .. berapa?”

Ya udah gan disitu kita tukeran nocan,trus sdikit2 ngobrol .. trus gak lama temen ane kluar sambil benerin bajunya .. lehernya kyak abis digigit drakula gan trus ane sempet liat cewe nya gan,beeuuuhhh IGO banget gan trnyata itu komplek untuk yg umurnya dibawah 20 an gan kata temen ane .. tapi ane tetep istighfar……..

tibalah hari esok gan,jujur nih gan ! duit ane dirumah cuma 900rb,jadi 600rb ane bobol tabungan ane di ATM gan trus skitar jam 3 siang ane sms dia gan,tapi katanya besok aja soalnya lagi ada arisan PSK tu komplek nah besoknya nih gan,si E sms ane untuk ketemuan di salah satu cafe gan..yaudah kita ktemuan….ngobrol2 dikit,sambil ane traktir makan,ane ajak jalan2,pkoknya sharian lah ma dia.abis itu ane bawa dia ke pantai Kem*** Beach (org ********** pasti tau).duduk2 sbentar nikmatin angin sepoi2,trus ane kasih deh uang itu gan .. dan ane gak nyangka,dia langsung meluk ane sambil ngucap trimakasih gan !!! dr suaranya dia kyaknya mau nangis gitu
wah bulu kuduk ane sempet bdiri sih gan dipeluk,pokoknya semua pada bediri lah waktu itu yaudah ane peluk balik deh gan,sambil ane ngucapin,”iya sama2..aku ikhlas kok bantu ibu kamu..gak usah kamu ganti..”

dan disitu dia ngungkapin smuanya gan..dulu dia pernah diperkos* sama bapak tirinya ! kalo badannya gak gede aja udah ane tabok tu ! tapi sayang badan bapak tirinya gede gan,trus tato an

E ,”dulu sbelum aku kerja kyak gini,aku punya pacar..sama2 skolah di SMA * .. dari skian cowo yg ngejar aku,cuma dia yg aku terima..
tapi yagitudeh laki2,rata2 pacaran nyari SE* doang!makanya aku males ama yg namanya cinta cinta,bulshit..”
TS ,”ya tapi gak smua cowo gitu kali..”
E ,”pastinya,contohnya kyak yg disamping aku.”
TS (ane sempet lama loadingnya gan,dan sadar trnyata itu ane,yaudah ane ketawa..)
E ,”iss aneh ketawa..emang bener..kamu orangnya baik di mata aku..andaikan kamu mau jadi pendamping aku,senengnya hati ini haha..tapi gak mungkin lah.”
TS ,”kok gak mungkin?kalo aku mau?”
E ,”haha dasar goblo* (dorong kpala ane),ngapain kamu mau jadi pacar nya cewe kotor trus bau lendi* kyak aku gini?”
TS ,”hus kmu jgn gmong kyak gitu lg..gak ada kata trlambat loh untuk bersihin hati kamu..aku suka cewe yang apa adanya kok..”

bla bla bla bla yaudah ane nyatakan cinta ke E gan,disitu kita jadian deh

terserah agan mau bilangin ane Ababil,Alay,Dsb gan .. mau mau nya pacaran sama PSK ? haha tapi tunggu dulu gan,ADA ALASAN TERTENTU ANE MAU NEMENIN DIA DI ‘AKHIR-AKHIR HIDUPNYA’…LOH KOK ?? OKE LANJUT GAN

besoknya,ane nemenin dia ke RSU ********** untuk operasi ibu nya gan..hampir 4 jam tu..jreng,udah slesai,lega dah..ibunya ngucapin banyak2 trimakasih ke ane sambil nangis gan..ane jadi emosional banget disitu agan mau tau gak ? di RSU itu bapak tiri nya E nyamperin ane,mau ngmong 4 mata katanya .. ane sempet takut gan ternyata apa ?

BT (bapak tiri),”om bisa ndak minjem duit kamu,500rb aja..tapi jgn bilang2 ke E**..si E** udah ndak ngasih om uang bbp hari ini..”
TS ,”buat apa om?kan biaya RS nya ibu sudah aku bayar?”
BT ,”mau bayar utang ke teman.ya kalau nda bisa ya nda papa,tapi jgn coba2 nemuin E** lagi..”

mau gak mau ane ke ATM lagi gan ngambil duit 500rb itu bukan untuk bayar utang gan,tapi untuk main judi paling..bisa bangkrut ane gini caranya

…….
skitar 2 minggu hubungan ane sama E berjalan gan,lancar2 aja tuh tapi hampir tiap malam ane mewek gan sbenarnya ada satu rahasia yang E rahasiain ke ane gan,padahal sbenernya ane udah tau udah 3 minggu,biaya khidupannya+kluarga nya ane yg biayain gan,soalnya E udah mau berenti kerja gituan dia juga udah ane suruh sering2 sholat gan
ktakutan ane makin besar gan…..badannya makin kurus….cekungan mata nya makin kliatan sbenernya E kena penyakit kelamin gan

*FLASHBACK*
waktu malam pertama ane kenal sama E,besoknya ane nyoba2 ke komplek itu lagi gan,ane penasaran banget masa PSK scantik E ini gak ada pelanggannya lagi ?? yaudah ane nyoba tanya ke Desi (nama sbenarnya),Desi ini yang maen ama temen ane malam itu .. ane kasih dia 100rb gan,trus dia ungkapin smuanya percakapan kita kira2 gini gan :

TS ,”si E** itu ada masalah apaan sih kok tadi malam gak ada pelanggannya?setau aku penghuni disini tiap malam pasti ada yg booking deh walau cuma 1..”
Desi ,”kamu siapa nya E**?”
TS ,”aku temennya doang..”
Desi ,”ooh..yagitu deh,kena penyakit..kasian tu anak..mkanya pelanggan pada lari smua,takut ktularan..”
TS ,”hah?(muka kaget)maksudnya penyakit apaan??”
Desi ,”iyaa dia itu positif kena Sifilis..sbenernya sih bisa aja dia konsumsi Penisilin G dari RS,tapi uangnya dia kumpulin buat biaya kanker ibunya..itu aja ibu nya masih gak bisa bangun..”
TS (coba tegar),”oh gitu..ehmm..E** masih bisa sembuh tapi kan?”
Desi ,”kata dokter di puskesmas udah kecil kmungkinan deh,soalnya virus nya udah menjalar tu..kapan itu dia meriksa minta temenin aku,makanya aku tau..”
TS ,”oh gitu..yaudah makasih ya infonya?aku mau pulang..”
Desi ,”gak minum dulu?”
TS ,”enggak,mau pulang aja..aku pulang dulu ya?”

…..

Di jalan,sumpah ane speechless banget gan .. ane mau nangis banget dengernya .. disitu ane bertekad untuk jaga dia sampe pnyakit dia sembuh gan .. gak tau knapa tiba2 ane jadi sayang sama E,gak kyak cowo laen malah lari stelah tau dia kena pnyakit …. bego gak sih ane ini gan ???

……………..

……………..
trus ane ngliat dia makin lemah gitu,ane gak kuat gan … ane bawa dia ke RS .. yagitulah,vonis dokter dia kena sifilis akut,soalnya heurosifilis nya udah nyebar ke sel2 badannya,dan lama klamaan bikin badan dia lumpuh .. ane sih gak kaget .. cuma dia nya minta maaf ke ane soalnya gak ngasih tau .. jadi ya ane bilang aja klo ane udah tau dari desi,dan ane sayang ma dia,dia penyakitan atau apalah ane tetep sayang ma dia .. dia nya lgsung nangis gan meluk ane
hampir sminggu dirawat di RS,ane tetep jagain dia gan .. bayangin gan,abis ane UN,ane gak lgsung pulang kerumah gan,tp lgsung ke RS buat jenguk dia .. UN pun ane gak konsen gan,tp alhamdulilah aja lulus

dan akhirnya gan ……….. tepatnya tanggal 30 April 2010,E hembuskan nafas trakhirnya gan,di RSU **********,skitar jam 4 sore klo gak salah …..

disitu ada bapak nya,ibu nya,temen2 ‘satu komplek’ nya,dan tentunya ada ane .. ane nangis gan disitu .. ane udah nyangka pasti akhirnya bgini
makanya ane mau bahagiain dia di saat trakhir2 hidup dia gan kyak janji ane pertama …….. dia gak di makamkan di kota itu gan,tapi dibawa ke Samarinda,kampung halamannya .. biaya perjalanannya ane yg tanggung gan,ibu nya sama 2 orang temennya E satu komplek mbawa ksana,bapak tiri nya kagak ikut .. ane gak bisa ikut gan,soalnya lg sibuk2 nya tes SNMPTN waktu itu ane kasian ama ibu nya,ane kasih uang saku juga slama di perjalanan ….. ibunya udah gak bisa tinggal di ‘rumah dinas’ itu lagi gan,makanya dia balik ke Samarinda,tempat keluarganya disana..

…..

…..

…..

gan,ini Real Story,tanpa bumbu apapun..terserah mau bilang Hoax/kagak,ane nggak ngurus .. klo gak percaya silahkan aja sumpahin ane apapun . air mata ane kluar deras ni sambil bikin trit ini….walau ane udah nyoba mau nglupain,tetep aja gak bisa lupa gan ane gak berharap cendol nya gan,ane cuma berharap agan2 sekalian kasih doa ke almh , Evaria Cindy

ane berharap agan2 sekalian doakan dia supaya bisa tenang disana
Buat agan2 yg penasaran lokasinya,PM ane aja,trus nnti ke ke komplek G yg ada karaoke nya,cari deh yg namanya Desi (paling IGO),trus tanyain cerita ane ini bener atau gak
Semua kenangan tentang dia udah ane hapusin gan,yang tersisa cuma surat dari dia,kalung kesayangannya (skarang ane yg pake),foto dia di dompet ane,sama cincin ..

(maaf gan foto ane blur dikit..)
surat itu dia titip ke Desi gan,katanya kalo dia dah mninggal,tolong kasih ke ane .. kalo cincin ma kalung ane ambil pas dia udah mninggal gan,ane ijin ke mama nya..kalo foto emang udah lama ane minta dari dia ..

pertama ane ngliat suratnya,surat itu kyak ada bekas titik titik air mata nya gan…

dan ini dia nulisnya sbelum masuk RS :
o : My Lovely …..

Dear,makasih kamu udah mau jadi pendamping aku
selama ini…makasih juga udah mau jadi malaikat
penyelamat untuk ibu aku…
Andaikan kamu tau aku punya penyakit gini,
aku yakin kamu pasti kecewa trus tinggalin
aku,yakin banget makanya aku ngerahasiain
ini semua…maaf ya?
Dear,Kamu Laki-laki paling baik yang pernah aku temuin
,kamu mau terima aku apa adanya..
Aku perempuan kotor,miskin,keluarga semrawut,
tapi kamu tetep mau deket ma aku
Dear,andaikan aku udah gak hidup lagi di dunia
ini,kamu jangan sedih ya ? masih banyak perempuan
yang lebih baik dari aku..kamu orang baik,harus
punya pendamping yang baik juga :’)
Inget,jangan lagi datang-datang ke tempat kotor
gitu.setebal apapun iman kamu,pasti bisa
runtuh ama yang namanya perempuan.
Dear,walau dunia kita udah beda,aku tetep ada di
hati kamu kan?janji?aku akan slalu disamping
kamu,aku akan jaga kamu…….Maaf andai
slama ini aku&keluarga udah nyusahin kamu :*
Goodbye…….

pesan moral :
Gan..kupu kupu malam juga manusia gan..jangan judge mreka macam2..mreka juga pasti gak mau kerja kyak gitu..tapi karna himpitan ekonomi yang bikin mreka begitu..agan jangan merasa jijik dengan mereka..sayangi mereka gan,bantu mereka supaya kembali ke jalan yang benar..agan mungkin ngeliat mereka senyum2 jalanin pekerjaan mereka..tapi siapa yang tau isi hati mereka gan?siapa yang tau kalau mereka sendirian di kamar sambil nangis ngerenungin hidup mereka?tahukah agan bahwa Mereka Tersenyum Dalam Tangis.. dan satu lagi gan,BUAT YANG LAKI-LAKI KHUSUSNYA,JAGALAH PACAR KALIAN GAN,JAGA KEHORMATANNYA..JANGAN SAMPAI KEJADIAN SEPERTI ANE INI MENIMPA AGAN2 SMUA..PERIH BANGET LOH GAN..

………………………………………………………….
ane gak nganggap cerita ini aib ane gan,gak sama skali..tadi ane bongkar2 lemari gan,ktemu deh ama surat itu..karena smua itu makanya ane jadi inget dia lagi trus niat bikin trit gini .. tiap ane baca surat itu gak tau napa ane jadi mrinding gan,mungkin dia ada disamping ane
sekali lg ane gak minta cendol gan,cukup minta doa nya buat eva aja,smoga dia bisa tenang disana ..

eva

ANGKA SANSAEKERTA

Angka Sansekerta : Warisan Yang Terlupakan

Salah satu peninggalan sejarah nenek moyang kita adalah tulisan dan bahasa. Dengan adanya bahasa mereka berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Demikian juga dengan tulisan, dengan tulisan mereka mengarsipkan pengetahuan agar dapat dipelajari oleh generasi mendatang seperti kita. Sayangnya banyak dari kita yang tidak mau untuk mempelajarinya.

Kali ini, saya akan menuliskan tentang angka-angka sansekerta yang dulu sering digunakan dalam perhitungan. Seperti namanya, angka sansekerta tentu menggunakan bahasa sansekerta dalam pengucapannya. Ada sedikit perbedaan cara pembacaan angka sansekerta dengan angka latin. Kalau angka latin seperti dalam bahasa Indonesia dibaca urut dari depan (dari bilangan yang terbesar ke bilangan satuan), sedangkan angka sansekerta dibaca dari satuan ke bilangan yang terbesar (dari kanan ke kiri).

Berikut ini adalah daftar angka-angka sansekerta tersebut :

1 = eka
2 = dwi
3 = tri
4 = catur
5 = panca
6 = sat
7 = sapta
8 = asta
9 = nawa
10 = dasa
100 = sata
1000 = sahasra
10000 = ayuta
100000 = laksa
1000000 = prayuta
10000000 = koti
100000000 = wyarbuda
1000000000 = padma

Cara Pembacaan

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa cara pemacaan angka sansekerta ini adalah dari satuan ke bilangan terbesar.

Contoh :
1234 = catur tridasa dwisata sahasraatau dengan cara lain bisa ditulis sebagai :
1234 = 4 + 30 + 200 + 1000

Jika dengan bahasa Indonesia :
1234 = Seribu duaratus tigapuluh empat = 1000 + 200 + 30 + 4

Silahkan anda berlatih membaca angka sansekerta ini, bisa dimulai dengan membaca tahun kelahiran anda sendiri.

#Selamat mencoba..

Terima kasih

Sebut saja nama nya rachma, seorang sahabat yang mempunyai batas waktu dalam kehidupan. Maaf,, maksudnya bukan dibatasi dalam umur, karna sakit atau segan hidup di dunia, akan tetapi dia pindah ke kota lain. dari beberapa cerita, saya ambil yang ini saja untuk di share disini (Semoga bermamfaat)

Dari potongan 365 hari plus koretan bulan nya dalam masa kenal, ada satu kosa yang sungguh membuat saya tertegun dalam pelajaran kehidupan. Dan itu saya dapatkan setelah akhir dari cerita ini. Sangat bias kawan!!

“Terima Kasih”
==================
Suatu siang ketika matahari masih enggan menampakan ujudnya, karna di manja oleh awan yang berarak-arakan dia berkata “Terima kasih sudah membantu ku selama ini”. Saya hanya tertawa. Kenapa kamu tertawa? (ujarnya) saya kembali tersenyum kali ini lirih sekali, yang saya bayangkan adalah “apa yang akan terjadi jika mata uang seluruh dunia diganti dengan ucapan “terima kasih”?? Orang2 yang menerima ucapan tersebut paling banyak, yang paling tulus akan menjadi orang terkaya sedunia” Artinya siapapun yang tidak melakukan kebaikan, tidak mendapat ucapan yang di sebut terimakasih tersebut dari orang lain, menjadi miskin hingga tidak bisa belanja apapun, membeli cabe yang pedas melebihi emas, Ataupun sekadar membeli pulsa untuk internetan yang seharga “2 terima kasih” itu. Dan sampai sekarang dia paham atau tidak paham makna dari tawa lirih itu, (walau pun saya tersenyum haru).

Ah sudah lah.. mulai sekarang kita masih disebut mendingan mengucap terima kasih kepada sahabat, kerabat atau orang yang nyata2 sudah menyayangi ataupun kita sayangi, dan boleh jadi kepada musuh sekalipun, Dan tahukah ini wahai kawan,, adalah mengenai siapa kita bukan siapa mereka..

Terima kasih.

UN ku..

Menarik,,, menyoali pendidikan di Indonesia. UN di tahun 2013 ini bagi banyak siswa terlalu banyak kekurangan nya. M. Nuh selaku Mendiknas pun menjadi sasaran . Walau pun saya sekarang bukan lah termasuk bagian dari siswa yang terlibat dalam UN, namun demikian saya juga termasuk murid di pemerintahan. Hehee, Oke, langsung ajaa.. Saya kasih inisial nya Alga merah, catatan salah seorang siswa SMU di Indonesia. Yuuk,, mari sama-sama kita baca. (Sengaja saya edit sedikit bahasa nya agar dapat di mengerti agan-agan pembaca)

“Sekolah saya adalah sekolah RSBI (Sebelum itu dihapus pemerintah), ketika mengerjakan soal UN, saya merasa level soal itu tergolong sulit meski saya sudah mendapat bimbingan pengayaan dari sekolah selama 1 semester full. Saya berlatih soal-soal UN dari beberapa tahun kebelakang, namun tetap harus diakui soal UN itu levelnya meningkat. Lalu terbayang dalam benak saya malam ini, ketika saya menonton debat soal UN di salah satu TV Swasta.
Jika saya yang berasal dari sekolah unggulan saja sudah merasa soal UN itu levelnya sulit, bagaimana dengan teman-teman sesama pelajar di pelosok negeri ? yang atap sekolahnya saja masih dari daun, yang gurunya saja terbatas. Apa mereka menerima pengayaan yang setara dengan kami ? Kalau tidak, bagaimana nasib mereka ? Kami yang menerima pelatihan UN full saja sudah banyak terbebani, bagaimana mereka ? beban mereka 1000 kali lipat. Belum lagi UN ditunda karena distribusi soal yang macet. Harus menderita sampai seperti apa lagi ?

salah siapa kah ini ? salah kami sebagai seorang pelajar, atau Bapak Mentri Pendidikan yang terhormat sebagai pembuat kebijakan ? Apa anda masih bisa tidur nyenyak setelah tau jeritan kami ? Semoga anda mau sedikit mendengar. Karena Nasib Generasi bangsa, telah anda pertaruhkan.

Semoga bermamfaat.

lampiran demokrasi

Lampiran Demokrasi

(bahwa jangan pernah melihat siapa yang mengatakan tapi lihatlah apa yang dikatakan)”

 

Suatu hari yang telah lalu bukan beberapa saat yang lalu aku tertidur di suatu tempat, sangat khas dengan cuaca yang menyebutnya istirahat. Merebahkan letih di pungung ini.

Ketika mataku sudah mulai bertingkah, aku terjaga, masih kantuk memang,, saat itu seorang anak kecil anggap saja namanya aninda, bertutur kepada ku : “om, kok tidurnya diatas meja?” iyaa,, jawab acuhku. “Om kok tidur diatas meja yaa?. Tadi om cuma istirahat, jawabku.

Lalu aku pindah ke kursi, mata yang masih terasa kantuk, mulai menyusun kursi, sebagai tempat menyusur kembali agar nyaman merebahkan diri.

Aninda yang masih berumur 3 tahun bertanya kembali, kali ini seperti menegur. Kendati mata redup aku bertanya : kenapa yaa? Sedikit bermunazara dengan nya. Lalu ia berujar : “om, kursi kan tempat duduk om.. tuturnya. aku beringsut bermaksud pindah kembali ke meja tadi. “Om,, meja kan tempat untuk menulis, buat belajar..” ujarnya polos.

Menatap rona mata penuh sorot, aku tertegun,, sembari turun dari meja ku belai rambutnya : iya om tidak tidur lagi. Lalu aku duduk di kursi yang ada dihadapan nya, kali ini hatiku yang tertegun. “ tidak boleh memilah ucapan, jangan pernah memilih, karna sepertinya ini nuraninya yang mengatakan, sambil menatap wajah nya polos. Aku bergumam “selagi suatu kata yang dikatakan benar, maka sampai kapan pun tetap benar, dan bila yang kulakukan salah biar bagaimanapun tetap salah, tidak ada perbedaan umur, tidak ada sangkut paut dengan kehebatan yang kita miliki dalam ilmu dan pengetahuan. Simple memang, namun terkadang kita enggan mempedulikan.

Mata yang sempat terlelap tadi menjadi sayu. Aku pun termangu. Barusan mendapati pelajaran yang berharga, sungguh tiada tara. Yaitu bahwa inti dari demokrsi adalah hati nurani. Anak kecil yang belum remaja, belum mengecam bangku pendidikan bahkan jelas masih ingusan secara tidak langsung mengajari ku makna dari demokrasi, kalah sama pemimpin yang hebat, sangat tinggi dalam pendidikan namun terkesan lupa akan nurani.

Andai para pemimpin negri akan siuman? Tidak berebut meja dan tidak lagi berebut kursi.

( M B )

cara mengunci / menyembunyikan folder

Berikut langkah-langkah mengunci folder lewat notepad

  • Buka Notepad dengan Cara STAR-PROGRAM-ACCESSORIES-NOTEPAD
  • Setelah itu anda copy Code tersebut yang ada dibawah ini.

@ECHO OFF
title rahasia
if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Do You Want To Lock This Folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid Choice ( Y=yes , N=no ).
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
echo This Folder Is Locked
goto End
:UNLOCK
echoenter password
set/p “pass=>”
if NOT %pass%==masukanPassword goto FAIL
attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Locker
echo Unlocked
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End

  • Setelah anda mengcopy kode script di atas, kemudian save dengan nama rahasia.Bat atau bisa juga nama lain asalkan ekstensinya .Bat bukan .txt.

Note:
1. Masukkan kata sandi Anda di tempat-PASSWORD ANDA yang berwarna merah.
2. Klik dua kali folder tersebut yang sudah berformat “bat”. dan akan secara otomatis membuat folder baru.
3. Lalu letakkan file dalam folder locker itu.
4. Klik file “bat”lagi.
5. Itu akan meminta konfirmasi Anda untuk mengunci folder.
6. Tekan Y atau y Untuk Ya dan N atau n Untuk No
Folder locker ini akan benar-benar menyembunyikan folder pribadi/penting anda dan tidak dapat dilihat tanpa tahu passwordnya dan tak dapat di search. Jadi, file Anda akan benar-benar tak dapat diakses.
Sekarang ketika Anda ingin membukanya cukup klik dua kali file “bat”. Masukkan password Anda dan folder akan terlihat oleh Anda.

“semoga bermamfaat”

(Buzz.Collection) satpolppprovjambi

JADWAL PUASA 2012 RAMADHAN 1433 H WILAYAH KOTA JAMBI

JADWAL PUASA 2012 RAMADHAN 1433 H WILAYAH KOTA JAMBI (lat ; 1°35’LS Lon : 103°37’BT GMT+7)

silahkan download disini…!

Keterangan :
1. Awal Ramadhan dan Syawwal 1433 H mengikuti Keputusan Pemerintah RI.
2. Jadwal berlaku untuk wilayah kota ybs. dengan radius maksimal +/- 25 km.
3. Jadwal sudah ditambah waktu ihtiyati (pengaman) sebesar +/- 2 menit.
4. Jadwal berdasarkan Kriteria Jadwal Shalat Kementerian Agama RI.
5. Awal Ramadhan kali ini kemungkinan ada perbedaan

Sumber : http://rukyatulhilal.org

Bulan Ramadhan bulan berganda. Setiap apa saja yang dilakukan akan mendapat balasan berganda. Malahan nafsu kita juga turut berganda walaupun pada bulan ini syaitan dirantai oleh Allah. Ini adalah kerana nafsu telah bertapak di hati dan bermaharajalela. Semoga dengan datang nya Bulan Ramadhan ini adalah anugerah Allah sebagai lambang kasih sayang kepada hamba-hamba Nya. Allah tidak mensia-siakan keletihan umatnya yang berpuasa hinggakan tidur di waktu siang juga diberikan pahala. Begitu besarnya kasih sayang Allah pada kita. Oleh itu marilah bersama-sama kita menilai diri kita. Semoga tahun ini amalan kita akan semakin bertambah dan sempurna perlaksanaannya. Insya Allah. Janganlah kita termasuk dalam golongan yang menganiayai diri sendiri. ” Selamat berpuasa”. Dari saya, Taqobalallaahu minnaa wa minkum Mohon maaf lahir dan batin, Semoga kita masih bisa berjumpa pada bulan ramadhan selanjutnya..

Analisis Jabatan SATPOLPP Provinsi Jambi

Analisa Jabatan SATPOLPP Povinsi Jambi

Analisis jabatan adalah proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, dan penyusunan data jabatan menjadi informasi jabatan (Perka BKN Nomor 12 Tahun 2011)

Analisis jabatan merupakan bagian tidak terpisahkan dari Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Menurut Hasibuan (2007: 10) pengertian MSDM adalah sebagai berikut: “Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat”.

Sedangkan Sofyandi (2003: 6) mengemukakan definisi manajemen sumber daya manusia sebagai berikut:

Manajemen SDM didefinisikan sebagai suatu strategi dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, leading & controling, dalam setiap aktivitas/fungsi operasional SDM mulai dari proses penarikan, seleksi, pelatihan dan pengembangan, penempatan yang meliputi promosi, demosi, & transfer, penilaian kinerja, pemberian kompensasi, hubungan industrial, hingga pemutusan hubungan kerja, yang ditujukan bagi peningkatan kontribusi produktif dari SDM organisasi terhadap pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien.

Dari pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan seluruh kegiatan mengelola sumber daya manusia, yang diawali dari upaya mendapatkan SDM yang kompeten sampai dengan pemberhentian. Adapun tujuannya adalah agar SDM tersebut dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam rangka mencapai tujuan organisasi

Analisis Jabatan

Untuk membantu organisasi mencapai tujuannya, diperlukan sumber daya manusia yang tepat, yang memiliki kemampuan sesuai dengan beban tugas yang harus dilaksanakan supaya tugasnya dilaksanakan secara efektif dan efisien. Definisi jabatan menurut Wursanto (1991: 39) adalah sebagai berikut: ”Jabatan diartikan sebagai kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seseorang pegawai dalam susunan suatu organisasi.”

Jabatan berkaitan dengan serangkaian pekerjaan yang akan dilakukan dan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan tugas tersebut dan kondisi lingkungan di mana pekerjaan tersebut dilakukan. Data yang dikumpulkan secara lebih rinci meliputi tugas-tugas (duties), tanggung jawab (responsibility), kemampuan manusia (human ability), dan standar unjuk kerja (performance standard).

Istilah analisis adalah terjemahan dari kata to analyze yang berarti ”menguraikan”. Jadi analisis jabatan berarti menguraikan suatu jabatan menjadi beberapa tugas (task).

Definisi analisis jabatan menurut Hariandja (2007: 48) adalah sebagai berikut: ”Analisis jabatan adalah usaha untuk mencari tahu tentang jabatan atau pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas yang dilakukan dalam jabatan tersebut.” Sedangkan menurut Irawan, dkk. (1997: 46): ”Analisis jabatan merupakan informasi tertulis mengenai pekerjaan-pekerjaan apa yang harus dikerjakan oleh pegawai dalam suatu perusahaan agar tujuan tercapai”.

Sementara itu analisis jabatan menurut Sofyandi (2008: 90) adalah sebagai berikut:

Analisis jabatan (job analysis) merupakan suatu proses yang sistematik untuk mengetahui mengenai isi dari suatu jabatan (job content) yang meliputi tugas-tugas, pekerjaan-pekerjaan, tanggung jawab, kewenangan, dan kondisi kerja, dan mengenai syarat-syarat kualifikasi yang dibutuhkan (job requirements) seperti pendidikan, keahlian, kemampuan, pengalaman kerja, dan lain-lain, agar seseorang dapat menjalankan tugas-tugas dalam suatu jabatan dengan baik.

Schuler (Yuniarsih dan Suwatno, 2008: 98) berpendapat sebagai berikut: ’Job analysis is the process of describing and recording aspects of jobs,… the purposes of a job, its major duties or activities, and the conditions under which the job is performed.’

Pynes (2004: 147) memberikan pendapat mengenai analisis jabatan sebagai berikut: “A job analysis is a systematic process of collecting data for determining the knowledge, skills, abilities, and other characteristics (KSAOCs) required to successfully perform a job and to make judgements about the nature of a specific job”.

Dari definisi-definisi mengenai analisis jabatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa analisis jabatan merupakan upaya untuk mendapatkan informasi mengenai suatu jabatan dan syarat-syarat yang diperlukan untuk dapat memegang jabatan tersebut dengan baik. Dari pengertian-pengertian tersebut, terlihat bahwa analisis jabatan merupakan suatu proses yang sangat penting dalam MSDM. Melalui analisis jabatan, akan diketahui berapa posisi/jabatan yang seharusnya ada dalam suatu organisasi dan kemampuan apa yang dibutuhkan oleh pemegang jabatan.

Analisis Beban Kerja

Analisis jabatan memberikan informasi yang berguna untuk menentukan syarat-syarat tenaga kerja secara kualitatif. Analisis jabatan menunjukkan jenis-jenis jabatan dan karyawan-karyawan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas itu, akan tetapi fungsi penyusunan tenaga kerja belum jelas karena kuantitas (jumlah) pegawai yang diperlukan belum dihitung.

Prosedur yang lazim dipergunakan untuk menentukan berapa jumlah tenaga kerja yang diperlukan adalah dengan menganalisis pengalaman. Catatan-catatan tentang hasil pekerjaan dapat menunjukkan volume dari pada hasil dan jumlah pegawai dalam suatu bagian. Kemudian dapat dihitung hasil rata-rata tiap pegawai.

Sejumlah target pekerjaan atau target hasil yang harus dicapai dalam satuan waktu tertentu disebut dengan beban kerja. Sedangkan analisis beban kerja adalah frekuensi rata-rata masing-masing jenis pekerjaan dalam jangka waktu tertentu dari masing-masing organisasi, misalnya berapa banyaknya pekerjaan pengetikan surat atau naskah lainnya yang harus dibuat oleh suatu satuan organisasi dalam jangka waktu tertentu.

Teknik analisis beban kerja (workload analysis) memerlukan penggunaan rasio-rasio atau pedoman-pedoman penyusunan staf standar dalam upaya mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan pegawai. Analisis beban kerja mengidentifikasi baik jumlah karyawan maupun tipe-tipe karyawan yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Langkah pertamanya adalah mengidentifikasi seberapa banyak keluaran (output) yang hendak dicapai organisasi. Hal ini selanjutnya diterjemahkan ke dalam jumlah jam kerja karyawan pada setiap kategori pekerjaan yang akan diperlukan untuk mencapai tingkat keluaran (output) tersebut. Apabila keluaran (output) diperkirakan berubah, maka perubahan pekerjaan dapat diramalkan dengan mengkalkulasi berapa banyak jam kerja karyawan yang dibutuhkan.

Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil

Dalam perencanaan kepegawaian, di lingkungan pemerintah pun, perlu dilaksanakan analisis jabatan. Melalui analisis jabatan akan diperoleh diperoleh data/informasi tentang jabatan sebagai dasar penyusunan formasi, penerimaan, seleksi, penempatan, pengembangan dan penilaian. Dua hal penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan kebutuhan PNS adalah formasi dan Analisis jabatan.

1). Formasi

a. Penetapan dan Tujuan Formasi

Formasi PNS diatur dalam PP No. 97 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah dengan PP No. 54 Tahun 2003. Berdasarkan Peraturan Pemerintah tersebut, Formasi adalah penentuan jumlah dan susunan pangkat PNS yang diperlukan untuk mampu melaksanakan tugas pokok yang ditetapkan oleh pejabat yang berwenang. Penetapan formasi bertujuan agar satuan-satuan organisasi Pemerintah/Negara mempunyai jumlah dan mutu PNS yang memadai sesuai beban kerja dan tanggung jawab pada masing-masing satuan organisasi.

Formasi PNS Pusat adalah formasi bagi PNS yang bekerja pada suatu satuan organisasi Pemerintah Pusat. Formasi PNS Pusat untuk masing-masing satuan organisasi Pemerintah Pusat setiap tahun anggaran ditetapkan oleh MENPAN, setelah mendapat pertimbangan Kepala BKN berdasarkan usul dari Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat. Dalam penetapan formasi ini harus mendapat pertimbangan Menteri Keuangan.

b. Pokok-pokok dalam Penyusunan Formasi

Dasar Penyusunan Formasi, Dalam penyusunan formasi, yang menjadi dasar pertimbangan adalah: (a) jenis pekerjaan; (b) sifat pekerjaan; (c) perkiraan beban kerja; (d) perkiraan kapasitas pegawai; (e) kebijakan pelaksanaan pekerjaan; (f) jenjang dan jumlah jabatan serta pangkat; (g) peralatan yang tersedia.
Sistem Penyusunan Formasi, Penyusunan formasi dilaksanakan melalui dua sistem, yaitu: (a) sistem sama, yaitu suatu sistem yang menentukan jumlah dan kualitas yang sama bagi semua unit organisasi yang sama dengan tidak memperhatikan besar kecilnya beban kerja. (b) Sistem ruang lingkup, yaitu suatu sistem yang menentukan jumlah dan kualitas PNS berdasarkan jenis, sifat dan beban kerja yang dipikulkan pada unit organisasi itu.
Kebutuhan Pegawai, Untuk mengetahui kebutuhan pegawai, analisis jabatan dilakukan sebagai dasar penyusunan formasi. Melalui analisis ini dapat digambarkan secara konkrit jumlah dan kualitas PNS yang diperlukan oleh suatu unit organisasi untuk melaksanakan tugasnya secara berdaya guna dan berhasil guna.
Anggaran Belanja Negara, Penetapan formasi PNS bagi suatu organisasi pada akhirnya sangat ditentukan oleh tersedianya anggaran. Oleh karena itu walaupun suatu formasi telah disusun secara rasional berdasarkan hasil analisis jabatan yang ditetapkan menjadi kebutuhan pegawai, akan tetapi menjadi pertimbangan yang paling mendasar adalah kemampuan anggaran yang tersedia.

2). Analisis Jabatan

Dalam penempatan PNS pada jabatan yang tepat dalam susunan organisasi, terlebih dahulu harus diketahui mengenai informasi tentang tugas fungsi dan beban kerja organisasi tersebut. Informasi tersebut hanya dapat diketahui melalui hasil analisis jabatan. Analisis jabatan adalah proses untuk menguraikan data dan informasi tentang jabatan yang kesemuanya itu diperlukan sebagai bahan penyusunan formasi pegawai, meliputi jumlah dan kualitas yang dibutuhkan.

Analisis jabatan bertujuan untuk mengetahui data/informasi guna menetapkan : (a) kuantitas dan kualitas PNS yang diperlukan dalam suatu organisasi; (b) pengembangan kompetensi PNS melalui pendidikan dan pelatihan; (c) evaluasi jabatan; (d) penilaian pelaksanaan pekerjaan; (e) promosi dan/atau pemindahan; serta (f) pengembangan kinerja organisasi. Dengan diperolehnya data dan informasi hasil analisis jabatan diharapkan perencanaan kepegawaian dapat dilaksanakan secara efektif.

Penutup

Efektif tidaknya suatu organisasi sangat tergantung pada kemampuan SDM yang ada di dalamnya. Dengan kata lain, kapasitas SDM yang ada dalam suatu organisasi lah yang akan mampu mengarahkan organisasi pada pencapaian tujuan.

Keberadaan SDM yang kapabel tentu tidak terlepas dari upaya untuk mendapatkan SDM yang kapabel tersebut. Salah satu langkah mendasar yang harus dilakukan oleh setiap organisasi, untuk mendapatkan SDM yang tepat jumlah dan tepat kualitas adalah analisis jabatan. Pengabaian terhadap analisis jabatan akan membuat organisasi mengalami kerugian. Kerugian yang dimaksud dalam hal ini tidak janya berupa inefisiensi anggaran, akan tetapi jug pada kualitas layanan yang diberikan.

Referensi

Hariandja, M.T.E. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: Grasindo.

Hasibuan, M.S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, P. dkk. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIA – LAN Press.

Keputusan MENPAN Nomor: KEP/75/M.PAN/7/2004 Tentang Pedoman Perhitungan Kebutuhan Pegawai Berdasarkan Beban Kerja Dalam Rangka Penyusunan Formasi PNS.

Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2003 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2000 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil.

Pynes, J.E. 2004. Human Resources Management for Public and Nonprofit Organizations (Second Edition). San Francisco: Jossey Bass.

Sofyandi, H. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wursanto. 1991. Manajemen Kepegawaian 1. Yogyakarta: Kanisius.

Yuniarsih Tj dan Suwatno. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Kegunaan Statistik Pendapatan Regional

Dari data PDRB, dapat juga diturunkan beberapa indikator ekonomi penting lainnya, seperti :

1. Produk Domestik Regional Neto Atas Dasar Harga Pasar , yaitu PDRB dikurangi dengan seluruh penyusutan atas barang-barang modal tetap yang digunakan dalam proses produksi selama setahun.

2. Produk Domestik Regional Neto Atas Dasar Biaya Faktor Produksi, yaitu produk domestik regional neto atas dasar harga pasar dikurangi dengan pajak tidak langsung neto. Pajak tidak langsung neto merupakan pajak tidak langsung yang dipungut pemerintah dikurangi dengan subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Baik pajak tidak langsung maupun subsidi, kedua-duanya dikenakan terhadap barang dan jasa yang diproduksi atau dijual. Pajak tidak langsung bersifat menaikkan harga jual sedangkan subsidi sebaliknya. Selanjutnya, produk regional neto atas dasar biaya faktor produksi disebut sebagai Pendapatan Regional.

3. Angka-angka per kapita, yaitu ukuran-ukuran indikator ekonomi sebagaimana diuraikan diatas dibagi dengan jumlah penduduk pertengahan tahun.

Data pendapatan regional adalah salah satu indikator makro yang dapat menunjukkan kondisi perekonomian regional setiap tahun. Manfaat yang dapat diperoleh dari data ini antara lain adalah :

1. PDRB harga berlaku nominal menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang dihasilkan oleh suatu wilayah regional. Nilai PDRB yang besar menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang besar, begitu juga sebaliknya.

2. Pendapatan regional harga berlaku menunjukkan pendapatan yang memungkinkan untuk dinikmati oleh penduduk suatu wilayah.

3. PDRB harga konstan (riil) dapat digunakan untuk menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan atau setiap sektor dari tahun ke tahun.

4. Distribusi PDRB harga berlaku menurut sektor menunjukkan struktur perekonomian atau peranan setiap sektor ekonomi dalam suatu wilayah. Sektor-sektor ekonomi yang mempunyai peran besar menunjukkan basis perekonomian suatu wilayah.

5. PDRB dan Pendapatan Regional Perkapita atas dasar harga berlaku menunjukkan nilai PDRB dan Pendapatan Regional per kepala atau per satu orang penduduk.

6. PDRB dan Pendapatan Regional Perkapita atas dasar harga konstan berguna untuk mengetahui pertumbuhan nyata ekonomi per kapita penduduk suatu wilayah.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.