Keberadaan Sriwijaya

Prasasti Talang Tuwo

Tentang prasasti Talang Tuwo adalah mengenai pembangunan suatu taman yang luas, Sriksetra, Bukit Siguntang oleh Raja Sriwijaya sebagai hadiah untuk rakyatnya juga memuat doa-doa dedikasi, puja-puji untuk kebahagiaan raja Sriwijaya dan kebahagiaan semua makhluk. Selain itu juga adanya pembuktian kuasa raja, agar rakyat dari tempat tersebut mau mengabdi dalam kesungguhan, setia, serta do’a-do’a juga ajaran ajaran Budha Mahayana.

Berikut isi prasasti Talang Tuwo

1. svasti çrï çakavarsâtïta 606 dim dvitïya çuklapaksa vulan caitra sana tatkâlânya parlak çrïksetra ini niparvuat

Svasti! Pada tahun Saka 606, pada hari ke-2 di bulan purnama caitra, inilah waktu Taman Sriksetra dibuat

2. parvâ n dapunta hiyang çrï jayanâça mi pranidhânâm dapunta hiyang savaňyakňya yang ditánam di sini ňyiyur pinang hanâu o ru

Yang diberikan oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa sebagai suatu pemberian dengan pesan untuk menanam sebanyak mungkin pohon kelapa, pinang, aren,

3. mviya dngan samiçrânya yang kâyu nimâkan vuahňya tathâpi haur vuluh pattung ityevamadi punarapi yang parlak vukan

sagu, dan sebagainya dimana buahnya dapat dimakan, termasuk aur, buluh, betung, dan tanaman sejenisnya.

4. dngan tavad talâga savaňyakňya yam vuatku sucarita parâvis prayojanâkan punyânya sarvvasatva sacarâcara varo páyáňya tmu

Bersama dengan kebun-kebun, telaga-telaga, dan danau-danau lainnya. Semua ini didedikasikan demi kebahagiaan semua makhluk, demi kesejahteraan semua makhluk dan demi kebaikan lingkungan.

5. sukha di âsannakâla di antara mârgga lai tmu muah ya áhára dngan áir niminumňya savaňakňya vuatňa huma parlak maňcak mu-

Agar semua upaya mulia ini membawa kebahagiaan dalam banyak cara. Semoga beliau tak pernah kekurangan makanan dan air untuk diminum. Agar semua yang telah beliau buat seperti ladang dan kebun

6. ah ya manghidupi раcu prakára marhulun tuvi vrddhi muahya jáňgan ya niknái savaňyakňya yang upasargga piddana svapnavíghna varang vua-

Menghidupi kehidupan banyak orang. Agar semua rakyatnya hidup sejahtera. Agar beliau selalu bebas dari semua mara bahaya, kejahatan, sakit dan susah tidur

7. tňya kathamapi anukula yam graha naksatra parávis diya nirvyádhi ajara kavuatanáňya tathápi savaňakňa yam bhrtyáňya

Agar beliau selalu sukses, bintangnya bersinar terang, bebas dari penyakit dan awet muda

8. satyârjjava drdhabhakti muah ya dya yang mitráňya tuvi jáňgan ya kapata yang viniňya muláng anukula bhâryyâ muah ya varang sthá

Agar semua rakyatnya setia dan berdedikasi kepadanya. Agar tak seorang teman pun pernah mengkhianatinya dan para istrinya selalu setia. Di manapun beliau berada, agar tak ada pencurian, penipuan, pembunuhan, dan pelecehan seksual.

9. naňya lági curi ucca vadhaňya paradára di sána punarapi tmu ya kalyánamitra marvvaňgun vodhicitta dňgan maitri-

Agar beliau bertemu sahabat spiritual (kalyanamitra), mengembangkan bodhicitta dengan cinta kasih –

10. -dhari di dang hyang ratnatraya jaňgan marsárak dňgan dam hyang ratnatraya tathâpi nityakala tyaga marçila ksânti marvvaňgun viryya rájin

Mengandalkan Triratana dan tak pernah meninggalkan Triratna, selalu menjalankan pengentasan diri (nihsarana), sila, kshanti dengan virya

11. tâhu di samiçrâiia cilpakalá paruvis samadhitacinta tmu ya prajnya smreti medhávi punarapi dhairyyamânï mahâsattva

Mengetahui perbedaan antara baik dan tidak, memiliki samadhi, prajna (intelek spiritual), smrti (perhatian penuh), untuk mencapai keadaan mahasattva

12. vajraçarïra anupamaçakti jaya tathapi játismara avikalendriya maňcak rupa stibhaga hásin halap ade-

Dengan vajrasarira – tubuh vajra yang sempurna dan penuh daya, menghilangkan kesalahpengertian (avidya), mempunyai kemampuan mengingat kehidupan-kehidupan lampau, memiliki indera-indera dan penampilan yang sempurna,

13. yavákya vrahmasvara jádi láki svayambhu puna(ra)pi tmu ya cintâmani nidhana tmu jnanavaçitâ karmmavaçita kleçavaçitâ

Dengan ucapan sempurna bagaikan suara Brahma yang muncul secara spontan seperti permata pengabul keinginan (cintamani nidhana), mengatasi halangan-halangan pengetahuan (jnanavacita), halangan-halangan karma (karmavacita) dan halangan-halangan klesha (kleshavacita)

14. avasâna tmu ya anuttarábhisamyaksamvodhi.

Hingga akhirnya mencapai Penggugahan yang Tak Terbandingkan, Lengkap dan Sempurna (Anuttarabhisamyaksambodhi).

788px-talang_tuo_inscription copy

Letkol (Pol) Mangil Martowidjojo dan Bung Karno

“Kamu tidak akan meninggalkan saya kan mangil?” Sang presiden berucap sambil matanya merah menahan tangis
“Pak saya mau melapor, saya di tugaskan kembali ke kesatuan pak” sedikit terbata menahan haru Mangil Martowidjojo melihat orang yang dulu begitu berkuasa, sekarang seperti rapuh dan sendiri.
“Jaga diri diri bapak ya ” sembari memberi hormat, setelah itu si Bung menghampiri dan memeluk mangil sambil menangis…mangil pun tak kuasa menahan air matanya. Saat itu hanya mereka berdua di ruang tidur bung Karno di Wisma Yaso.
Cuplikan kisah di atas seperti di tutur Mangil Martowidjojo mantan komandan Detasemen Kawal Pribadi (DKP) Resimen Cakrabirawa.
Siapa Mangil Martowidjojo?…
Ketika Gerakan 30 September 1965 meletus, Mangil makin rapat menjaga Soekarno. Saat itu kondisi memanas di mana-mana. Perseteruan antara pasukan Jenderal Soeharto dan PKI terjadi di mana-mana. Setelah mengeluarkan surat perintah 11 Maret 1966, kekuasaan Soekarno terus dipreteli. Soekarno memang masih presiden, tapi kekuasaan sudah dipegang Mayjen Soeharto.
Dalam buku Gerakan 30 September, Pelaku, Pahlawan & Petualang yang ditulis wartawan Senior Julius Pour, keteguhan Mangil tampak saat dia harus menerobos barikade RPKAD di Medan Merdeka Barat. Tanggal 18 Maret 1966, Soekarno akan berangkat ke Istana Bogor. Tapi dicegat sepasukan RPKAD yang dipimpin seorang kapten di dekat Air Mancur, Jl Medan Merdeka Barat.
“Bapak berada di mobil nomor dua, paling depan jip DKP, nomor tiga mobil yang saya naiki dan ditutup oleh jip DKP. Begitu konvoi berhenti, sesuai prosedur, semua anak buah saya langsung berhenti melindungi mobil bapak sambil melepas kunci pengaman senjata,” kata Mangil.
Saat itu DKP bersenjatakan senapan otomatis AR-15 yang lebih canggih dari AK-47 yang dibawa RPKAD. Mangil tak takut menembak jika keselamatan Soekarno terancam.
“Stop, ini rombongan siapa? teriak kapten RPKAD itu.
Mangil menjawab tegas. “Kalau Kapten melihat bendera di mobil kedua, sebagai perwira ABRI harusnya tahu. Ini konvoi resmi Presiden Republik Indonesia.”
“Tetap harus diperiksa,” balas kapten berbaret merah itu.
Mangil tak mau kalah. “Silakan. Tetapi, sebelum kapten bergerak maka kami harus tembak lebih dulu. Sebab tanggung jawab kami sebagai DKP jelas tidak pernah mengizinkan perjalanan Presiden RI terhalang,” tegas Mangil.
Rombongan akhirnya diperkenankan lewat, tanpa insiden apa pun.
Tapi Jenderal Soeharto tak membiarkan insiden itu berlalu begitu saja. Tanggal 23 Maret 1966, Soeharto membubarkan Tjakrabirawa. Pengawalan Istana diserahkan ke Polisi Militer Angkatan Darat. Tidak sampai di situ, tanggal 16 Agustus 1967, Soeharto membubarkan DKP. Seluruh personel DKP dikembalikan ke Korps Brimob berdasarkan perintah Panglima Korps Brimob.
Tugas Mangil berakhir. Polisi gagah berani ini pun berpamitan pada Soekarno di Wisma Yasoo. Soeharto mengucapkan terima kasih pada para anggota DKP.

Soekarno berkata dengan suara agak keras.
“Mangil mengawal saya sudah sejak proklamasi kemerdekaan. Mangil pasti tidak akan meninggalkan saya kalau tidak diperintahkan kesatuannya,”
(Dirangkum dari berbagai sumber)

- mangil martowidjojo copyletkol (pol) Mangil Martowidjojo (kanan gambar) -

Letkol (Pol). Mangil Martowidjojo dan Bung Karno

PADA 30 September 1965 malam, Bung Karno memberikan sambutan pada pertemuan Persatuan Insinyur Indonesia di Senayan. Bapak kelihatannya agak kecewa karena banyak kursi VIP yang kosong.

Pada pukul 23.00 Bapak kembali ke Istana Merdeka, mengganti baju kepresidenan dengan baju lengan pendek warna putih dan celana abu-abu. Sekitar 20 menit kemudian, Bapak keluar Istana. Memakai mobil Chrysler nomor B 4747 warna hitam, tanpa memakai kopiah, Bapak menjemput Ibu Dewi yang sedang ada di Hotel Indonesia.

Bapak tetap ada di mobil sementara Suparto menjemput Ibu Dewi. Dari Hotel Indonesia, Bapak langsung ke Wisma Yaso. Pada 1 Oktober pukul 05.15, saya menerima telepon dari salah seorang anggota DKP yang bertugas di Wisma Yaso. Isinya: hubungan telepon keluar Istana diputus Telkom atas perintah militer.

Setengah jam kemudian saya sudah ada di Wisma Yaso. Di situ, pada pukul 06.00 saya mendengar bahwa rumah Jenderal Nasution dan Leimena ditembaki. Pada pukul 06.30 Bapak keluar, masih memakai baju lengan pendek dan tanpa kopiah. Bapak rupanya sudah dilapori terjadinya penembakan tersebut, hingga lalu memanggil saya dan meminta laporan yang jelas mengenai kejadian itu.

Waktu saya jawab bahwa saya belum tahu, Bapak marah. Kemudian ia bertanya, “Menurut kamu sebaiknya bagaimana?” Saya jawab, “Sebaiknya Bapak di sini dulu, atau bisa juga Bapak ke Istana.” Dengan konvoi, Bapak akhirnya berangkat ke Istana. Waktu sampai di Jembatan Dukuh Atas, ada kabar lewat pemancar radio bahwa Istana dikepung tentara.

Saya mencoba menghubungi mobil yang ditumpangi Bapak dengan handie talkie, tapi gagal karena alat itu tak berfungsi dengan baik. Sementara iring-iringan mobil dengan kecepatan sekitar 40 km per jam itu mendekati Istana, saya menyerukan untuk belok ke kiri, ke Jalan Kebon Sirih, tapi tak bisa didengar oleh ajudan di mobil Presiden. Saya semakin khawatir ketika iringan tak berbelok, sementara di kejauhan tampak tentara yang mengepung Istana.

Dengan berteriak keras akhirnya saya berhasil juga membelokkan iringan ke Jalan Budi Kemuliaan. Di sini iringan sempat terhenti karena jalan macet. Kemudian ada hubungan radio dengan ajudan Kolonel Saelan yang menginstruksikan supaya iring-iringan menuju ke Grogol, ke tempat Ibu Harjati, istri Bapak yang lain.

Rombongan tiba pada pukul 08.00. Sekitar pukul 09.00 datang Ajudan Komisaris Besar (Polisi) Sumirat dan Jaksa Agung Muda Brigjen Sunaryo. Kemudian dirundingkan untuk mencari tempat yang aman buat Bapak. Ada usul, misalnya, untuk membawa Bapak ke rumah kosong milik Sie Bien Ho di Kebayoran Baru, seorang kenalan yang pernah menawarkan rumah itu kepada Cakrabirawa. Alternatif ini tak jadi digunakan, karena Kolonel Saelan menginstruksikan untuk membawa Bapak ke Halim.

Instruksi ini diterima karena sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan, bahwa bila presiden dalam bahaya, ia bisa dilarikan ke asrama ABRI terdekat, ke pangkalan udara Halim Perdanakusuma (di sana ada pesawat Jetstar yang siap terbang), ke Tanjung Priok (di sana tersedia dua kapal ALRI Varuna I dan Varuna II), atau ke Istana Bogor (di sana tersedia helikopter).

Pada pukul 09.30 Bapak meninggalkan rumah Ibu Harjati. Mobil Chrysler diganti dengan mobil VW kodok biru. Isinya: Bapak, Brigjen Sunaryo, Ajudan Sudarso, dan Pengemudi Suparto. Tapi begitu melihat Pangau Omar Dhani dan deputinya, Leo Wattimena, berdiri di depan markas Angkatan Udara di Halim, mobil berbalik arah, dan tak jadi menuju landasan.

Ada pikiran untuk mencari rumah guna Bapak beristirahat. Lalu didapatkan rumah Komodor Susanto, pilot pesawat yang biasa dipakai Bapak bila keliling Indonesia. Selang beberapa waktu kemudian datang Brigjen Supardjo, yang dikawal Mayor Subambang dan Mayor Sutrisno.

Tak lama kemudian dengan pesawat helikopter datang Brigjen Sabur. Bapak menginstruksikan untuk memanggil Pangal, Pangak, dan Pangdam V/Jaya. Selang beberapa lama datang ajudan Kolonel Bambang Wijanarko.

Menjelang tengah hari, datang Pangal Laksamana Martadinata. Sebelumnya telah hadir Jaksa Agung Jenderal sutardhio dengan Jaksa Agung Muda Brigjen Sunaryo. Pada pukul 15.00 Pangak Jenderal Sutjipta Judodihardjo datang, disusul oleh Pak Leimena.

Lalu pada pukul 17.00 putra-putri Bapak – Megawati, Rahmawati, Sukmawati, dan Guruh – datang. Dengan helikopter mereka kemudian diterbangkan ke Bandung.

Pada pukul 18.00 ada laporan dari Komodor Susanto bahwa ada konvoi militer menuju Halim, tapi dihentikan di depan pos PGT (Pasukan Gerak Tjepat) TNI-AU.

Ibu Dewi kemudian datang pada pukul 20.00 lebih. Kolonel Saelan kemudian memerintahkan untuk mempersiapkan diri buat meninggalkan Halim. Agar tak mencolok, konvoi berjalan bertahap. Bapak menumpang mobil Prins, warna biru, B 3739 R. Di dalamnya ikut serta Pak Leimena, Bambang Wijanarko, Sudarso, dan Suparto.

Semua pengawal, kecuali seorang yang berseragam Cakrabirawa, memakai pakaian preman, tapl tiap orang membawa revolver. Dalam jip-jip mereka (ada delapan mobil dalam rombongan) total ada 18 senjata Thomson. Hampir mendekati tengah malam, kami sampai ke Istana Bogor

mangil martowidjojo copy

Kisah Nyata dari seorang teman ku (Soerabaja)

setelah kata2 pembuka dari saya ini, selanjutnya rangkaian kata dan berikut pesan2 nya di bawah ini adalah beliau..
silahkan dibaca..

“ane mau sdikit share pengalaman ane nih ..
yang pasti ada hubungannya sama judul DEMI ALLAH ini bukan karangan ane gan,ini real cerita pribadi ane . langsung aja ya gan?lumayan panjang,tapi disimak dulu gan,BACA DULU JANGAN LANGSUNG JUDGE ANE MACAM MACAM . INI BUKAN AIB,TAPI INI ADALAH SEBENTUK KEBERANIAN ANE UNTUK BERBAGI CERITA KE SESAMA DENGAN HARAPAN BISA DIAMBIL HIKMAH SERTA PEMBELAJARAN HIDUP YANG LEBIH BAIK

Bismillahirrahmanirrahim,,

Cerita ini awalnya waktu ane masih duduk di bangku SMA kelas III gan,setahun lalu .. jadi tu waktu malam minggu (lupa tanggal brapa) ane jalan bedua temen ane yg inisialnya J,cowo.. pertama sih kliling2 aja gan .. nah skitar jam 11,gak tau knapa temen ane ini ngajak ane ke tempat prostitusi . mungkin kalo yang di sekitaran kota ********** (nama kota ane sensor ya gan,gak enak hehe) udah gak asing ama yg namanya M**********,sepupu jauh ama Dolly yg di SBY. sumpah gan ane gak ada maksud mau main ama cewe2 disana gan,gak ada niat sama skali .. ane sih cuma pengen nemenin temen ane ini aja skalian cuci mata,yaudah ngikut aja hehe .. udah nyampe tuh,udah masuk komplek nya . jeng jeng jeng ….. PSK disana yg ngeliat body ane tinggi,lumayan cakep ,putih,yaudah deh agan tau lah pasti lgsg di goda godain..

”sama aku aja!”
”jangan itu kudisan sama aku aja!”
”eyy ganteng sini dong!” , dll ..

ane terus aja ngikutin temen ane ini gan,trus dia brenti di satu rumah,ktanya dalam rumah itu cewe nya cantik2 .. yaudah ane suruh dia cepetan masuk,ane nunggu diluar,sambil duduk dikursi .. bete juga sih gan,ane nunggu nya sambil main hape aja jadi (ane gak ngrokok gan,mkanya gak ngrokok sambil nunggu temen..)

naah skitar 5mnitan ane nunggu,ada tuh gan satu PSK nyamperin ane?lumayan manis+seksi sih gan sumpah,mkanya ane mau aja dia deketin+duduk disamping ane .. kalo bibirnya memble ane pura2 mules ke wc . umurnya 19 gan .. mukanya agak murung gitu gan,kira2 gini percakapan kita waktu itu,
TS=TS , PSK=E (inisial)

TS (senyum2 ..)
E ,”ni (sambil nyodorin rokok)”
TS ,”duh aku gak ngrokok hehe..”
E ,”yah laki kok gak ngrokok..situ gak main mas?sama aku aja?
yang didalem ini (sambil nunjuk rumah tempat temen ane main) biasanya lama tuh,longtime..aku lagi butuh uang juga ni..”
TS ,”ah enggak,aku nemenin temen doang..loh emang kamu sepi malam ini?gak ada pelanggan?kan kamu cantik?”
E (sambil ngrokok gan) ,”aku lagi ada masalah.”
TS ,”masalah apaan?”
E ,”perlu situ tau?”
TS ,”oh hehe maaf..”

*hening skitar 5 menit*

E (rokoknya habis gan) ,”kyaknya kamu gak brengsek ya?”
TS ,”hah maksudnya?”
E ,”kan smua cowo brengsek?cuma kamu aja dateng ksini gak mau ngeluarin (maaf gan) lendir”
TS ,”hehe bisa aja..tapi gak smua cowo loh gitu,di luaran sana juga bnyak cowo baek2..
iya takut aja,dosa..belum lagi klo kena penyakit apaaa gitu..maaf ya klo trsinggung hehe..”
E ,”ngpain minta maaf,emang bener kok.”
TS ,”ehm..nama kamu siapa?”
E ,”E**,nama panggilan aku dsini .. tp klo nama asli E***** . kamu?”
TS ,”aku R***(nama disamarkan) .. oh salam kenal ya .. ehmm .. kalo boleh tau kamu ada masalah apa sih ampe gak ada pelanggan?
crita aja aku gak ember kok mulutnya…”

*obrolan smakin asyik gan abis kenalan*

E ,”gpp males aja crita..yg jelas aku lg butuh uang skarang”
TS ,”buat?”
E ,”buat ibu aku,di perutnya ada kyak benjolan gitu..sbulan yg lalu sih udah dibawa ke puskesmas,diagnosa nya smacam tumor kecil..disuruh cepet2 operasi ke RSU..tapi yagitudeh,aku blom punya uang,mana job aku udah sepi lagi hufftt…”
Subhanallah gan,ane sempat speechless .. disitu mata ane berkaca-kaca banget kirain duitnya buat apa ? ternyata ….

TS ,”yah knapa gak bilang dritadi?aku sih mau aja bantu,tapi skarang aku gak pegang uang?uang aku dirumah..”
E ,”capedeee gak usah ngomong”
TS ,”hehe..emang biayanya brapa?”
E ,”2 stengah jeti bo..tp uang aku ada sjuta doang masih,2 minggu ini aku kumpulin dikit2..”
TS ,”kurang 1,5 ya?ehmm gini aja,kamu ada nomer hape?”
E ,”ada,buat apa?”
TS ,”ya besok aku ksini lagi,1,5 aku kasih kekamu..”
E ,”beneran?tapi gak usah disini,kita janjian di tempat luar aja.”
TS ,”okelah .. berapa?”

Ya udah gan disitu kita tukeran nocan,trus sdikit2 ngobrol .. trus gak lama temen ane kluar sambil benerin bajunya .. lehernya kyak abis digigit drakula gan trus ane sempet liat cewe nya gan,beeuuuhhh IGO banget gan trnyata itu komplek untuk yg umurnya dibawah 20 an gan kata temen ane .. tapi ane tetep istighfar……..

tibalah hari esok gan,jujur nih gan ! duit ane dirumah cuma 900rb,jadi 600rb ane bobol tabungan ane di ATM gan trus skitar jam 3 siang ane sms dia gan,tapi katanya besok aja soalnya lagi ada arisan PSK tu komplek nah besoknya nih gan,si E sms ane untuk ketemuan di salah satu cafe gan..yaudah kita ktemuan….ngobrol2 dikit,sambil ane traktir makan,ane ajak jalan2,pkoknya sharian lah ma dia.abis itu ane bawa dia ke pantai Kem*** Beach (org ********** pasti tau).duduk2 sbentar nikmatin angin sepoi2,trus ane kasih deh uang itu gan .. dan ane gak nyangka,dia langsung meluk ane sambil ngucap trimakasih gan !!! dr suaranya dia kyaknya mau nangis gitu
wah bulu kuduk ane sempet bdiri sih gan dipeluk,pokoknya semua pada bediri lah waktu itu yaudah ane peluk balik deh gan,sambil ane ngucapin,”iya sama2..aku ikhlas kok bantu ibu kamu..gak usah kamu ganti..”

dan disitu dia ngungkapin smuanya gan..dulu dia pernah diperkos* sama bapak tirinya ! kalo badannya gak gede aja udah ane tabok tu ! tapi sayang badan bapak tirinya gede gan,trus tato an

E ,”dulu sbelum aku kerja kyak gini,aku punya pacar..sama2 skolah di SMA * .. dari skian cowo yg ngejar aku,cuma dia yg aku terima..
tapi yagitudeh laki2,rata2 pacaran nyari SE* doang!makanya aku males ama yg namanya cinta cinta,bulshit..”
TS ,”ya tapi gak smua cowo gitu kali..”
E ,”pastinya,contohnya kyak yg disamping aku.”
TS (ane sempet lama loadingnya gan,dan sadar trnyata itu ane,yaudah ane ketawa..)
E ,”iss aneh ketawa..emang bener..kamu orangnya baik di mata aku..andaikan kamu mau jadi pendamping aku,senengnya hati ini haha..tapi gak mungkin lah.”
TS ,”kok gak mungkin?kalo aku mau?”
E ,”haha dasar goblo* (dorong kpala ane),ngapain kamu mau jadi pacar nya cewe kotor trus bau lendi* kyak aku gini?”
TS ,”hus kmu jgn gmong kyak gitu lg..gak ada kata trlambat loh untuk bersihin hati kamu..aku suka cewe yang apa adanya kok..”

bla bla bla bla yaudah ane nyatakan cinta ke E gan,disitu kita jadian deh

terserah agan mau bilangin ane Ababil,Alay,Dsb gan .. mau mau nya pacaran sama PSK ? haha tapi tunggu dulu gan,ADA ALASAN TERTENTU ANE MAU NEMENIN DIA DI ‘AKHIR-AKHIR HIDUPNYA’…LOH KOK ?? OKE LANJUT GAN

besoknya,ane nemenin dia ke RSU ********** untuk operasi ibu nya gan..hampir 4 jam tu..jreng,udah slesai,lega dah..ibunya ngucapin banyak2 trimakasih ke ane sambil nangis gan..ane jadi emosional banget disitu agan mau tau gak ? di RSU itu bapak tiri nya E nyamperin ane,mau ngmong 4 mata katanya .. ane sempet takut gan ternyata apa ?

BT (bapak tiri),”om bisa ndak minjem duit kamu,500rb aja..tapi jgn bilang2 ke E**..si E** udah ndak ngasih om uang bbp hari ini..”
TS ,”buat apa om?kan biaya RS nya ibu sudah aku bayar?”
BT ,”mau bayar utang ke teman.ya kalau nda bisa ya nda papa,tapi jgn coba2 nemuin E** lagi..”

mau gak mau ane ke ATM lagi gan ngambil duit 500rb itu bukan untuk bayar utang gan,tapi untuk main judi paling..bisa bangkrut ane gini caranya

…….
skitar 2 minggu hubungan ane sama E berjalan gan,lancar2 aja tuh tapi hampir tiap malam ane mewek gan sbenarnya ada satu rahasia yang E rahasiain ke ane gan,padahal sbenernya ane udah tau udah 3 minggu,biaya khidupannya+kluarga nya ane yg biayain gan,soalnya E udah mau berenti kerja gituan dia juga udah ane suruh sering2 sholat gan
ktakutan ane makin besar gan…..badannya makin kurus….cekungan mata nya makin kliatan sbenernya E kena penyakit kelamin gan

*FLASHBACK*
waktu malam pertama ane kenal sama E,besoknya ane nyoba2 ke komplek itu lagi gan,ane penasaran banget masa PSK scantik E ini gak ada pelanggannya lagi ?? yaudah ane nyoba tanya ke Desi (nama sbenarnya),Desi ini yang maen ama temen ane malam itu .. ane kasih dia 100rb gan,trus dia ungkapin smuanya percakapan kita kira2 gini gan :

TS ,”si E** itu ada masalah apaan sih kok tadi malam gak ada pelanggannya?setau aku penghuni disini tiap malam pasti ada yg booking deh walau cuma 1..”
Desi ,”kamu siapa nya E**?”
TS ,”aku temennya doang..”
Desi ,”ooh..yagitu deh,kena penyakit..kasian tu anak..mkanya pelanggan pada lari smua,takut ktularan..”
TS ,”hah?(muka kaget)maksudnya penyakit apaan??”
Desi ,”iyaa dia itu positif kena Sifilis..sbenernya sih bisa aja dia konsumsi Penisilin G dari RS,tapi uangnya dia kumpulin buat biaya kanker ibunya..itu aja ibu nya masih gak bisa bangun..”
TS (coba tegar),”oh gitu..ehmm..E** masih bisa sembuh tapi kan?”
Desi ,”kata dokter di puskesmas udah kecil kmungkinan deh,soalnya virus nya udah menjalar tu..kapan itu dia meriksa minta temenin aku,makanya aku tau..”
TS ,”oh gitu..yaudah makasih ya infonya?aku mau pulang..”
Desi ,”gak minum dulu?”
TS ,”enggak,mau pulang aja..aku pulang dulu ya?”

…..

Di jalan,sumpah ane speechless banget gan .. ane mau nangis banget dengernya .. disitu ane bertekad untuk jaga dia sampe pnyakit dia sembuh gan .. gak tau knapa tiba2 ane jadi sayang sama E,gak kyak cowo laen malah lari stelah tau dia kena pnyakit …. bego gak sih ane ini gan ???

……………..

……………..
trus ane ngliat dia makin lemah gitu,ane gak kuat gan … ane bawa dia ke RS .. yagitulah,vonis dokter dia kena sifilis akut,soalnya heurosifilis nya udah nyebar ke sel2 badannya,dan lama klamaan bikin badan dia lumpuh .. ane sih gak kaget .. cuma dia nya minta maaf ke ane soalnya gak ngasih tau .. jadi ya ane bilang aja klo ane udah tau dari desi,dan ane sayang ma dia,dia penyakitan atau apalah ane tetep sayang ma dia .. dia nya lgsung nangis gan meluk ane
hampir sminggu dirawat di RS,ane tetep jagain dia gan .. bayangin gan,abis ane UN,ane gak lgsung pulang kerumah gan,tp lgsung ke RS buat jenguk dia .. UN pun ane gak konsen gan,tp alhamdulilah aja lulus

dan akhirnya gan ……….. tepatnya tanggal 30 April 2010,E hembuskan nafas trakhirnya gan,di RSU **********,skitar jam 4 sore klo gak salah …..

disitu ada bapak nya,ibu nya,temen2 ‘satu komplek’ nya,dan tentunya ada ane .. ane nangis gan disitu .. ane udah nyangka pasti akhirnya bgini
makanya ane mau bahagiain dia di saat trakhir2 hidup dia gan kyak janji ane pertama …….. dia gak di makamkan di kota itu gan,tapi dibawa ke Samarinda,kampung halamannya .. biaya perjalanannya ane yg tanggung gan,ibu nya sama 2 orang temennya E satu komplek mbawa ksana,bapak tiri nya kagak ikut .. ane gak bisa ikut gan,soalnya lg sibuk2 nya tes SNMPTN waktu itu ane kasian ama ibu nya,ane kasih uang saku juga slama di perjalanan ….. ibunya udah gak bisa tinggal di ‘rumah dinas’ itu lagi gan,makanya dia balik ke Samarinda,tempat keluarganya disana..

…..

…..

…..

gan,ini Real Story,tanpa bumbu apapun..terserah mau bilang Hoax/kagak,ane nggak ngurus .. klo gak percaya silahkan aja sumpahin ane apapun . air mata ane kluar deras ni sambil bikin trit ini….walau ane udah nyoba mau nglupain,tetep aja gak bisa lupa gan ane gak berharap cendol nya gan,ane cuma berharap agan2 sekalian kasih doa ke almh , Evaria Cindy

ane berharap agan2 sekalian doakan dia supaya bisa tenang disana
Buat agan2 yg penasaran lokasinya,PM ane aja,trus nnti ke ke komplek G yg ada karaoke nya,cari deh yg namanya Desi (paling IGO),trus tanyain cerita ane ini bener atau gak
Semua kenangan tentang dia udah ane hapusin gan,yang tersisa cuma surat dari dia,kalung kesayangannya (skarang ane yg pake),foto dia di dompet ane,sama cincin ..

(maaf gan foto ane blur dikit..)
surat itu dia titip ke Desi gan,katanya kalo dia dah mninggal,tolong kasih ke ane .. kalo cincin ma kalung ane ambil pas dia udah mninggal gan,ane ijin ke mama nya..kalo foto emang udah lama ane minta dari dia ..

pertama ane ngliat suratnya,surat itu kyak ada bekas titik titik air mata nya gan…

dan ini dia nulisnya sbelum masuk RS :
o : My Lovely …..

Dear,makasih kamu udah mau jadi pendamping aku
selama ini…makasih juga udah mau jadi malaikat
penyelamat untuk ibu aku…
Andaikan kamu tau aku punya penyakit gini,
aku yakin kamu pasti kecewa trus tinggalin
aku,yakin banget makanya aku ngerahasiain
ini semua…maaf ya?
Dear,Kamu Laki-laki paling baik yang pernah aku temuin
,kamu mau terima aku apa adanya..
Aku perempuan kotor,miskin,keluarga semrawut,
tapi kamu tetep mau deket ma aku
Dear,andaikan aku udah gak hidup lagi di dunia
ini,kamu jangan sedih ya ? masih banyak perempuan
yang lebih baik dari aku..kamu orang baik,harus
punya pendamping yang baik juga :’)
Inget,jangan lagi datang-datang ke tempat kotor
gitu.setebal apapun iman kamu,pasti bisa
runtuh ama yang namanya perempuan.
Dear,walau dunia kita udah beda,aku tetep ada di
hati kamu kan?janji?aku akan slalu disamping
kamu,aku akan jaga kamu…….Maaf andai
slama ini aku&keluarga udah nyusahin kamu :*
Goodbye…….

pesan moral :
Gan..kupu kupu malam juga manusia gan..jangan judge mreka macam2..mreka juga pasti gak mau kerja kyak gitu..tapi karna himpitan ekonomi yang bikin mreka begitu..agan jangan merasa jijik dengan mereka..sayangi mereka gan,bantu mereka supaya kembali ke jalan yang benar..agan mungkin ngeliat mereka senyum2 jalanin pekerjaan mereka..tapi siapa yang tau isi hati mereka gan?siapa yang tau kalau mereka sendirian di kamar sambil nangis ngerenungin hidup mereka?tahukah agan bahwa Mereka Tersenyum Dalam Tangis.. dan satu lagi gan,BUAT YANG LAKI-LAKI KHUSUSNYA,JAGALAH PACAR KALIAN GAN,JAGA KEHORMATANNYA..JANGAN SAMPAI KEJADIAN SEPERTI ANE INI MENIMPA AGAN2 SMUA..PERIH BANGET LOH GAN..

………………………………………………………….
ane gak nganggap cerita ini aib ane gan,gak sama skali..tadi ane bongkar2 lemari gan,ktemu deh ama surat itu..karena smua itu makanya ane jadi inget dia lagi trus niat bikin trit gini .. tiap ane baca surat itu gak tau napa ane jadi mrinding gan,mungkin dia ada disamping ane
sekali lg ane gak minta cendol gan,cukup minta doa nya buat eva aja,smoga dia bisa tenang disana ..

eva

ANGKA SANSAEKERTA

Angka Sansekerta : Warisan Yang Terlupakan

Salah satu peninggalan sejarah nenek moyang kita adalah tulisan dan bahasa. Dengan adanya bahasa mereka berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Demikian juga dengan tulisan, dengan tulisan mereka mengarsipkan pengetahuan agar dapat dipelajari oleh generasi mendatang seperti kita. Sayangnya banyak dari kita yang tidak mau untuk mempelajarinya.

Kali ini, saya akan menuliskan tentang angka-angka sansekerta yang dulu sering digunakan dalam perhitungan. Seperti namanya, angka sansekerta tentu menggunakan bahasa sansekerta dalam pengucapannya. Ada sedikit perbedaan cara pembacaan angka sansekerta dengan angka latin. Kalau angka latin seperti dalam bahasa Indonesia dibaca urut dari depan (dari bilangan yang terbesar ke bilangan satuan), sedangkan angka sansekerta dibaca dari satuan ke bilangan yang terbesar (dari kanan ke kiri).

Berikut ini adalah daftar angka-angka sansekerta tersebut :

1 = eka
2 = dwi
3 = tri
4 = catur
5 = panca
6 = sat
7 = sapta
8 = asta
9 = nawa
10 = dasa
100 = sata
1000 = sahasra
10000 = ayuta
100000 = laksa
1000000 = prayuta
10000000 = koti
100000000 = wyarbuda
1000000000 = padma

Cara Pembacaan

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa cara pemacaan angka sansekerta ini adalah dari satuan ke bilangan terbesar.

Contoh :
1234 = catur tridasa dwisata sahasraatau dengan cara lain bisa ditulis sebagai :
1234 = 4 + 30 + 200 + 1000

Jika dengan bahasa Indonesia :
1234 = Seribu duaratus tigapuluh empat = 1000 + 200 + 30 + 4

Silahkan anda berlatih membaca angka sansekerta ini, bisa dimulai dengan membaca tahun kelahiran anda sendiri.

#Selamat mencoba..

Terima kasih

Sebut saja nama nya rachma, seorang sahabat yang mempunyai batas waktu dalam kehidupan. Maaf,, maksudnya bukan dibatasi dalam umur, karna sakit atau segan hidup di dunia, akan tetapi dia pindah ke kota lain. dari beberapa cerita, saya ambil yang ini saja untuk di share disini (Semoga bermamfaat)

Dari potongan 365 hari plus koretan bulan nya dalam masa kenal, ada satu kosa yang sungguh membuat saya tertegun dalam pelajaran kehidupan. Dan itu saya dapatkan setelah akhir dari cerita ini. Sangat bias kawan!!

“Terima Kasih”
==================
Suatu siang ketika matahari masih enggan menampakan ujudnya, karna di manja oleh awan yang berarak-arakan dia berkata “Terima kasih sudah membantu ku selama ini”. Saya hanya tertawa. Kenapa kamu tertawa? (ujarnya) saya kembali tersenyum kali ini lirih sekali, yang saya bayangkan adalah “apa yang akan terjadi jika mata uang seluruh dunia diganti dengan ucapan “terima kasih”?? Orang2 yang menerima ucapan tersebut paling banyak, yang paling tulus akan menjadi orang terkaya sedunia” Artinya siapapun yang tidak melakukan kebaikan, tidak mendapat ucapan yang di sebut terimakasih tersebut dari orang lain, menjadi miskin hingga tidak bisa belanja apapun, membeli cabe yang pedas melebihi emas, Ataupun sekadar membeli pulsa untuk internetan yang seharga “2 terima kasih” itu. Dan sampai sekarang dia paham atau tidak paham makna dari tawa lirih itu, (walau pun saya tersenyum haru).

Ah sudah lah.. mulai sekarang kita masih disebut mendingan mengucap terima kasih kepada sahabat, kerabat atau orang yang nyata2 sudah menyayangi ataupun kita sayangi, dan boleh jadi kepada musuh sekalipun, Dan tahukah ini wahai kawan,, adalah mengenai siapa kita bukan siapa mereka..

Terima kasih.

UN ku..

Menarik,,, menyoali pendidikan di Indonesia. UN di tahun 2013 ini bagi banyak siswa terlalu banyak kekurangan nya. M. Nuh selaku Mendiknas pun menjadi sasaran . Walau pun saya sekarang bukan lah termasuk bagian dari siswa yang terlibat dalam UN, namun demikian saya juga termasuk murid di pemerintahan. Hehee, Oke, langsung ajaa.. Saya kasih inisial nya Alga merah, catatan salah seorang siswa SMU di Indonesia. Yuuk,, mari sama-sama kita baca. (Sengaja saya edit sedikit bahasa nya agar dapat di mengerti agan-agan pembaca)

“Sekolah saya adalah sekolah RSBI (Sebelum itu dihapus pemerintah), ketika mengerjakan soal UN, saya merasa level soal itu tergolong sulit meski saya sudah mendapat bimbingan pengayaan dari sekolah selama 1 semester full. Saya berlatih soal-soal UN dari beberapa tahun kebelakang, namun tetap harus diakui soal UN itu levelnya meningkat. Lalu terbayang dalam benak saya malam ini, ketika saya menonton debat soal UN di salah satu TV Swasta.
Jika saya yang berasal dari sekolah unggulan saja sudah merasa soal UN itu levelnya sulit, bagaimana dengan teman-teman sesama pelajar di pelosok negeri ? yang atap sekolahnya saja masih dari daun, yang gurunya saja terbatas. Apa mereka menerima pengayaan yang setara dengan kami ? Kalau tidak, bagaimana nasib mereka ? Kami yang menerima pelatihan UN full saja sudah banyak terbebani, bagaimana mereka ? beban mereka 1000 kali lipat. Belum lagi UN ditunda karena distribusi soal yang macet. Harus menderita sampai seperti apa lagi ?

salah siapa kah ini ? salah kami sebagai seorang pelajar, atau Bapak Mentri Pendidikan yang terhormat sebagai pembuat kebijakan ? Apa anda masih bisa tidur nyenyak setelah tau jeritan kami ? Semoga anda mau sedikit mendengar. Karena Nasib Generasi bangsa, telah anda pertaruhkan.

Semoga bermamfaat.

lampiran demokrasi

Lampiran Demokrasi

(bahwa jangan pernah melihat siapa yang mengatakan tapi lihatlah apa yang dikatakan)”

 

Suatu hari yang telah lalu bukan beberapa saat yang lalu aku tertidur di suatu tempat, sangat khas dengan cuaca yang menyebutnya istirahat. Merebahkan letih di pungung ini.

Ketika mataku sudah mulai bertingkah, aku terjaga, masih kantuk memang,, saat itu seorang anak kecil anggap saja namanya aninda, bertutur kepada ku : “om, kok tidurnya diatas meja?” iyaa,, jawab acuhku. “Om kok tidur diatas meja yaa?. Tadi om cuma istirahat, jawabku.

Lalu aku pindah ke kursi, mata yang masih terasa kantuk, mulai menyusun kursi, sebagai tempat menyusur kembali agar nyaman merebahkan diri.

Aninda yang masih berumur 3 tahun bertanya kembali, kali ini seperti menegur. Kendati mata redup aku bertanya : kenapa yaa? Sedikit bermunazara dengan nya. Lalu ia berujar : “om, kursi kan tempat duduk om.. tuturnya. aku beringsut bermaksud pindah kembali ke meja tadi. “Om,, meja kan tempat untuk menulis, buat belajar..” ujarnya polos.

Menatap rona mata penuh sorot, aku tertegun,, sembari turun dari meja ku belai rambutnya : iya om tidak tidur lagi. Lalu aku duduk di kursi yang ada dihadapan nya, kali ini hatiku yang tertegun. “ tidak boleh memilah ucapan, jangan pernah memilih, karna sepertinya ini nuraninya yang mengatakan, sambil menatap wajah nya polos. Aku bergumam “selagi suatu kata yang dikatakan benar, maka sampai kapan pun tetap benar, dan bila yang kulakukan salah biar bagaimanapun tetap salah, tidak ada perbedaan umur, tidak ada sangkut paut dengan kehebatan yang kita miliki dalam ilmu dan pengetahuan. Simple memang, namun terkadang kita enggan mempedulikan.

Mata yang sempat terlelap tadi menjadi sayu. Aku pun termangu. Barusan mendapati pelajaran yang berharga, sungguh tiada tara. Yaitu bahwa inti dari demokrsi adalah hati nurani. Anak kecil yang belum remaja, belum mengecam bangku pendidikan bahkan jelas masih ingusan secara tidak langsung mengajari ku makna dari demokrasi, kalah sama pemimpin yang hebat, sangat tinggi dalam pendidikan namun terkesan lupa akan nurani.

Andai para pemimpin negri akan siuman? Tidak berebut meja dan tidak lagi berebut kursi.

( M B )

cara mengunci / menyembunyikan folder

Berikut langkah-langkah mengunci folder lewat notepad

  • Buka Notepad dengan Cara STAR-PROGRAM-ACCESSORIES-NOTEPAD
  • Setelah itu anda copy Code tersebut yang ada dibawah ini.

@ECHO OFF
title rahasia
if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Do You Want To Lock This Folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid Choice ( Y=yes , N=no ).
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
echo This Folder Is Locked
goto End
:UNLOCK
echoenter password
set/p “pass=>”
if NOT %pass%==masukanPassword goto FAIL
attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Locker
echo Unlocked
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End

  • Setelah anda mengcopy kode script di atas, kemudian save dengan nama rahasia.Bat atau bisa juga nama lain asalkan ekstensinya .Bat bukan .txt.

Note:
1. Masukkan kata sandi Anda di tempat-PASSWORD ANDA yang berwarna merah.
2. Klik dua kali folder tersebut yang sudah berformat “bat”. dan akan secara otomatis membuat folder baru.
3. Lalu letakkan file dalam folder locker itu.
4. Klik file “bat”lagi.
5. Itu akan meminta konfirmasi Anda untuk mengunci folder.
6. Tekan Y atau y Untuk Ya dan N atau n Untuk No
Folder locker ini akan benar-benar menyembunyikan folder pribadi/penting anda dan tidak dapat dilihat tanpa tahu passwordnya dan tak dapat di search. Jadi, file Anda akan benar-benar tak dapat diakses.
Sekarang ketika Anda ingin membukanya cukup klik dua kali file “bat”. Masukkan password Anda dan folder akan terlihat oleh Anda.

“semoga bermamfaat”

(Buzz.Collection) satpolppprovjambi

JADWAL PUASA 2012 RAMADHAN 1433 H WILAYAH KOTA JAMBI

JADWAL PUASA 2012 RAMADHAN 1433 H WILAYAH KOTA JAMBI (lat ; 1°35’LS Lon : 103°37’BT GMT+7)

silahkan download disini…!

Keterangan :
1. Awal Ramadhan dan Syawwal 1433 H mengikuti Keputusan Pemerintah RI.
2. Jadwal berlaku untuk wilayah kota ybs. dengan radius maksimal +/- 25 km.
3. Jadwal sudah ditambah waktu ihtiyati (pengaman) sebesar +/- 2 menit.
4. Jadwal berdasarkan Kriteria Jadwal Shalat Kementerian Agama RI.
5. Awal Ramadhan kali ini kemungkinan ada perbedaan

Sumber : http://rukyatulhilal.org

Bulan Ramadhan bulan berganda. Setiap apa saja yang dilakukan akan mendapat balasan berganda. Malahan nafsu kita juga turut berganda walaupun pada bulan ini syaitan dirantai oleh Allah. Ini adalah kerana nafsu telah bertapak di hati dan bermaharajalela. Semoga dengan datang nya Bulan Ramadhan ini adalah anugerah Allah sebagai lambang kasih sayang kepada hamba-hamba Nya. Allah tidak mensia-siakan keletihan umatnya yang berpuasa hinggakan tidur di waktu siang juga diberikan pahala. Begitu besarnya kasih sayang Allah pada kita. Oleh itu marilah bersama-sama kita menilai diri kita. Semoga tahun ini amalan kita akan semakin bertambah dan sempurna perlaksanaannya. Insya Allah. Janganlah kita termasuk dalam golongan yang menganiayai diri sendiri. ” Selamat berpuasa”. Dari saya, Taqobalallaahu minnaa wa minkum Mohon maaf lahir dan batin, Semoga kita masih bisa berjumpa pada bulan ramadhan selanjutnya..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.