UN ku..

Menarik,,, menyoali pendidikan di Indonesia. UN di tahun 2013 ini bagi banyak siswa terlalu banyak kekurangan nya. M. Nuh selaku Mendiknas pun menjadi sasaran . Walau pun saya sekarang bukan lah termasuk bagian dari siswa yang terlibat dalam UN, namun demikian saya juga termasuk murid di pemerintahan. Hehee, Oke, langsung ajaa.. Saya kasih inisial nya Alga merah, catatan salah seorang siswa SMU di Indonesia. Yuuk,, mari sama-sama kita baca. (Sengaja saya edit sedikit bahasa nya agar dapat di mengerti agan-agan pembaca)

“Sekolah saya adalah sekolah RSBI (Sebelum itu dihapus pemerintah), ketika mengerjakan soal UN, saya merasa level soal itu tergolong sulit meski saya sudah mendapat bimbingan pengayaan dari sekolah selama 1 semester full. Saya berlatih soal-soal UN dari beberapa tahun kebelakang, namun tetap harus diakui soal UN itu levelnya meningkat. Lalu terbayang dalam benak saya malam ini, ketika saya menonton debat soal UN di salah satu TV Swasta.
Jika saya yang berasal dari sekolah unggulan saja sudah merasa soal UN itu levelnya sulit, bagaimana dengan teman-teman sesama pelajar di pelosok negeri ? yang atap sekolahnya saja masih dari daun, yang gurunya saja terbatas. Apa mereka menerima pengayaan yang setara dengan kami ? Kalau tidak, bagaimana nasib mereka ? Kami yang menerima pelatihan UN full saja sudah banyak terbebani, bagaimana mereka ? beban mereka 1000 kali lipat. Belum lagi UN ditunda karena distribusi soal yang macet. Harus menderita sampai seperti apa lagi ?

salah siapa kah ini ? salah kami sebagai seorang pelajar, atau Bapak Mentri Pendidikan yang terhormat sebagai pembuat kebijakan ? Apa anda masih bisa tidur nyenyak setelah tau jeritan kami ? Semoga anda mau sedikit mendengar. Karena Nasib Generasi bangsa, telah anda pertaruhkan.

Semoga bermamfaat.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

